Berawal dari rem
tangan yang ngeblong sampai mentok pun masih bisa jalan tuh mobil hehehe, iseng-iseng bongkar roda belakang bareng temen yang sudah faham dalam bongkoar membongkar (kliper). Usut punya usut,
ternyata tuas rem tangan yang nempel di kaliper belakang sebelah kiri
sepertinya ga beres. Maka dibongkarlah kaliper belakang sebelah kiri untuk
proses pembedahan (operasi di mulai).. Eng Ieng...
Setelah dibongkar
dan mempelajari sistem kerja rem tangan pada kaliper cakram Ford laser (FL), mendapatkan informasi:
Tuas Rem Tangan
pada kaliper belakang FL menjadi satu dengan piston (sistem hidrolik kaliper)
Tuas Rem Tangan
menggunakan sistem mekanis, yaitu saat tuas ditarik kabel hand rem dalam kabin,
maka dudukan piston akan terdorong keluar oleh batang penonjok, sehingga
mendorong kampas rem untuk menjepit cakram
Kaliper kanan
Normal, Kaliper kiri masalah. Walaupun tuas ditarik oleh kabel, namun piston
tidak tertonjok. Dugaan awal batang penonjok ga beres, atau piston macet. Namun
jika dilihat dari sistem hidrolik, piston bekerja normal saat menggunakan rem
kaki (asumsi piston macet dianulir)
Akhirnya diputuskan
untuk membeli kaliper belakang kiri di Kampakan/Junkyard. Sore itu, kususuri
jalanan Parung, kudatangi setiap kampakan di kanan ataupun kiri jalan. Namun,
tak satupun kaliper yang mampu ane beli (mehol bro ) mending buat yang lain bro... *wkwkwkwkwk. singkat cerita
hasilnya dompet rada aman... heheheh
Pesan Ketum FRGB pun barang kampakanpun gak bagus (ane juga pernah beli racktris kampakan alhasil makin parah dari yang punya ane *jadi curhat*). akhirnya terpaksa rakit ulang tanpa perbaikan. Yah.. setidaknya dapet
tersangka utama. Sistem Rem secara keseluruhan normal, tidak ada piston macet,
tidak ada bocor, tidak ada blong, masuk angin, muntah, mules ataupun flu. Rem
tetap pakem, hanya saja, rem tangan yang berfungsi hanya yang sebelah kanan.
Jadi kalo sudut kemiringan jalan >30 derajat atau beban lagi full, baru akan
terasa rem tangannya ngeblong alias nyooss . Menanti waktu weekend kerumah pak ketua FRGB minta di Obname Keliper ane ,heheheh...
Sabtu pagi, saatnya ane cuss ke rumah pak ketum FRGB,disananlah oprasi Fl kliper ane di acak" hehehe...
sambil santai
dibongkarlah itu kaliper. daripada beli barang copotan. hehehe
caranya bongkar jeroan kaliper. nanti akan ketahuan dimana penyakitnyaa.. dan akhirnya ketemu, ternyata cuma dikunci sama ring pengganjal dudukan piston
caranya bongkar jeroan kaliper. nanti akan ketahuan dimana penyakitnyaa.. dan akhirnya ketemu, ternyata cuma dikunci sama ring pengganjal dudukan piston
Setelah diperhatikan,
ternyata dudukan batang penonjok mengalami keausan (dudukanya makin cekung/asus)
sehingga batang penonjok ga bisa nonjok dudukan piston (ulir) karena kurang
panjang akibat posisinya mundur akibat cekungan/aus. Diputuskan untuk menambal
cekungan dengan lem besi
Proses penambalan
selesai, rakit ulang. awalnya sukses. namun, setelah beberapa kali tes, rem
tangan kembali los. Sue. bongkar lagi dah. dan diketahui ahwa tambalanya tidak
kuat. nyantai dulu dah sambil ngopi dan ngudut... akhirnya Pandangan tertuju pada sebuah baut L dengan diameter yang mirip yaitu ukuran 18 dengan batang penonjok. ALLHAMDULLILAH..!!!! ganti saja batang penonjoknya dengan yang
lebih panjang. Akhirnya baut tersebut dipotong sesuai ukuran perkiraan panjang
batang penonjok yang dibutuhkan.
Setelah proses bongkar membongkar yang lumayan melelahkan, akhirnya didapat ukuran batang penonjok yang
pas.
cara bikinya pakai baut L ukuran 18,lalu potong sesuai kebutuhan harga per baut 1000 rupiah
Rakit ulang dan
dicoba. Eng Iii Eng..... Tidak ada bocor, Tuas rem tangan OK, tes Ok.Makyooosss..
Akhirnya. dari pagi sampai malam itu,
setelah perjuangan yang melelahkan, rem tangan normal kembali. xixixixi
ngirit 600 ribu.
hahahaha
harga kaliper baru
(ada yang bilang barang copotan) 300 ribu sebelah. Efek kapok beli Kampakan akhirnya minta solusi sama ketum FRGB..
Habis semua 20 rebu ajah
beli baut L ukuran 18 = 2 batang satu batangnya 1 rp 1000 kali 2 = 2000
sisanya yang mahal, minuman dan somay lewat.. hhehehe
kagak sampe 300 rebu broo heheheh..
Habis semua 20 rebu ajah
beli baut L ukuran 18 = 2 batang satu batangnya 1 rp 1000 kali 2 = 2000
sisanya yang mahal, minuman dan somay lewat.. hhehehe
kagak sampe 300 rebu broo heheheh..
Sekian dan Terima Kasih Khususnya Untuk Ketua FRGB yang selalu sabar nanganin Anggotanya yang bawel sama FL nya hahahhaah...
Semoga sobat sobat semua terbantu
Salam Gaya Bebas..
Semoga sobat sobat semua terbantu
Salam Gaya Bebas..
Muantaap....
BalasHapusKakinyeee kaya ringan nolong org tuh om
Preeet
BalasHapusNgook
BalasHapusMakasih ilmunya...
BalasHapusSy jg pny masalah yg sama om...sy bole ga maen k tmpatny om? Krn udah cb 2x ngebongkar d bengkel dkt rmh tp ga berhasil...trims sebelumnya
BalasHapusOm saya juga punya FL tahun 85. rem tangan punya saya udah loss, tpi masih ada dikit banget ngeremnya. Masalahnya pas mau di cek dan mau sekalian ganti brake shoe ternyata gabisa dibuka karna udh dilas sma pemilik sebelumnya.. π’ Solusinya gmna ya om biar bisa ada rem tanganya.. Mohon bantuanyaπ
BalasHapusKetuanya alamatnya mana om.saya punya masalah yang sama nich.semua bengkel angkat tangan.minta d beliin 1paket biar tinggal pasang.gtuu
BalasHapushalo bos..
BalasHapustanya donk.
piston ckaram blakang ford laser 1997 ex taxi. bli d mn ya./minta sosulinya donk..
mau tanya donk..
BalasHapusmobil ane ad mslh d piston cakram blakang ni bos.
solusinya gimn bos.ane dh cri" d tiap toko.(barang kosong)
ford laser ex taxi 1997
Boleh d coba tuh tips nya
BalasHapusKlo punya saya Oblak di tuas penonjok nya bagaimana om kira"solusinya??
BalasHapussy jg pny masalah yg sm om d FL ane...bs mnt nopeny om?
BalasHapusmau nanya kalo mau beli repair kit kaliper belakng dimana ya?
BalasHapus