Blogroll

Kamis, 02 Februari 2017

Penyebab Mesin Mobil tidak mau hidup saat di starter

Penyebab Mesin Mobil tidak mau hidup saat di starter


Haiii Haiii Haiiii....

Selamat Pagiiiiii...... Konco konco FRGB...
Awal bulan Neee pasti pada ceriah kan, heheheheheh..
Mobil Baru pasti Awal bulan gini Puyeng nee ... 
Mobil Tua kaya kita mah tiap bulan penuh dengan kenangan... Kenangan kerusakan yang gak sembuh sembuh di mobil..... 😭😭😭😭😭😭 

Kita lupakan sejenak masalah tiap bulan kita yak... 
melupakan bukan berarrti gak di inget yak, ( mantan aja slalu diingat,, ihihihiihihi 😜😜)


Cerita pagii hari neee...
mau sedikit berbagi elmu mancing... mancing kelistrikan mobil (bukan mancing masalah yak,😤😤 hahah)



Pas bangun pagi,.. mandi trus beresin tempat tidur dulu baru deh aen panasin mesin mobil sambil ngudut ditemani kopi susu ... aseeeek nikmat bener nee hidup😎😎........ 

Eeeeh ternyata eeeh ternyata si mobil kesayangan atu atunya tak mau hidup, orang bilang mah jangan panik !!!! ( Aseeem namanya mobil atu atunya gak bisa idup pasti panik... hadeee 😱😱😱), ane coba cari tahu penyebabnya...

otak atik .... otak atik ( Biar kalo ada orang liwat dibilang ngerti mobil,,,, padahal mah kagak,.. biar gaya ajah 😝😝😝 hehehehe )..

Buktinya mesin mobil tidak mau nyala hadeee,,,, ada aja nee mobil...😥😥😥 sabar sabar.... 😔😔😔

ane cek sekitaran : Accu / Aki barang kali soak ( aki tapi masih baru.... Hmmmp )atau kepala penghubung aki ada yang kendor ( ini juga masih baru... Baru Minta di ketua kmrn 😁😁😁😁), Dinamo stater rusak apa gaknya (ini juga varu diservis kemaren... hmmmp) 

Nah kalo beda kasus kaya anee nee ..
Coba  tindakan darurat yang dapat konco konco lakukan : coba Buka kap depan mobil ente lalu periksa sambungkan kepala aki dan kabel terminal yang berhubungan langsung (jangan"gak nyambung kaya kasus ane waktu itu heheheh), jika senoid (kumparan) berbunyi ‘klik’ tapi tidak terjadi apa-apa kemungkinan besar aki ente telah habis masa pakainya istilah kerennya expaired aseeek.. hihihi😁😁😁. kalo kondisi aki soak bisa dijamper dengan aki lain beda cerita kalo gak punya aki cadangan bisa pakai motor jampernya (motor dalam ke adaan idup sekita 15 menitanlah dijamper)... kalo gak punya juga... ane mikir dah... hadeee......pake peda gak mungkin jamper aki.... hehehehe

ok lanjut..

Nah bisa juga kemungkinan kedua dinamo start telah habis kull dan dapat diservis di tukang service dinamo terdekat yak kalo gak ada jauh gpp pakai motor atau peda capee kalo jalan kaki mah 😌😌😌.

Lanjutt....

Setelah itu adalah apa yang terjadi eeeng iiii eeeeng taraaaa..... mobil ente dah dalam kondisi normal:
coba memasukkan kunci kontak ke switch.
kemudian putar kunci ke posisi start. Ketika ente melakukan itu, kunci kontak terlibat starter dengan menghubungkan aki ke motor starter listrik, pada gilirannya engkol mesin lebih. Hal ini dapat dengan mudah didengar dan disebut sebagai cranking mesin
maka terdengarlah suara mesin hidup jrreeeenjengjeng..., itu yang merupakan tanda untuk melepaskan kunci.
Horeeeeee Mesin sudah hidup dan ente bisa siap untuk menempatkan pemilih transmisi di Drive dan menuju sesuai destinasi.

Harap dicatat ya masbroo : cerita ini menguraikan masalah dasar, tetapi tidak dimaksudkan untuk menjadi do-it-yourself perbaikan panduan untuk menyelesaikan semua kemungkinan sekenario komponen mesin mobil tidak bisa hidup. Jika pengalaman mekanik ente terbatas, informasi ini mungkin berguna sebelum menemukan bengkel mobil yang direkomendasikan oleh FRGB.

Ada juga beberapa penyebab untuk jenis kondisi tidak bisa di starter, yang paling umum adalah bahwa hanya memiliki masalah pada sistem bahan bakar. Dengan asumsi bahwa ente memiliki bahan bakar di tangki, ente akan perlu melalui serangkaian tes untuk menentukan apa yang menyebabkan masalah. Prosedur pengujian mengharuskan menggunakan peralatan khusus untuk menentukan area masalah. Ada tiga tes utama untuk mendapatkan Anda menunjuk ke arah yang benar. Anda akan perlu menguji untuk Spark, Bahan Bakar dan Kompresi, dalam urutan itu. Segera setelah melihat masalah di salah satu daerah, itu adalah di mana akan perlu untuk memusatkan perbaikan. kalo gak ngeriii juga bawa ajalah kebengkel.... nah malah konsel lg dapet pr Baru,,, hadeee...

Busi:
cek juga busi mobil adalah dengan  tester murah. Ini adalah perangkat yang tersedia di hampir semua toko suku cadang & aksesoris mobil. menggunakannya hanya dengan memegangnya di samping kabel busi. Jika  melihat lampu neon berkedip sementara seseorang stater mesin, maka masih memiliki percikan dan harus beralih ke memeriksa bahan bakar. beda cerita Jika tidak ada percikan, atau percikan sangat lemah, maka harus melakukan serangkaian tes metodis yang bervariasi tergantung pada jenis kendaraan. lakukan secara manual untuk perbaikan mobil Anda agar mendapatkan prosedur diagnostik yang benar dan tentunya juga yang terbaik (boboboy) 


Bahan Bakar:
Nah sebernnya ini yang penting udeh cape" otak atik sana sini ternyata kagak ade bensinya,, hadeeeee 😓😓😓😓😓.... sedih amaaat... hahahah
Langkah pertama adalah dengarkan pompa bahan bakar yang hidup di dalam tangki bensin. Ketika memutar kunci untuk menghidupkanya,harus ente mudah mendengar pompa, hidup selama beberapa detik untuk membangun tekanan bahan bakar, kemudian matikan. Jika tidak mendengarnya, itu bisa berarti bahwa pompa bahan bakar atau sirkuit buruk/jelek. (Kegagalan pompa bahan bakar adalah masalah umum pada mobil modern dan tua.)
Bahan Bakar disuntikkan mobil sangat sensitif terhadap tekanan bahan bakar yang tepat. Jika tekanan tidak aktif, bahkan oleh beberapa kilogram, itu akan menyebabkan masalah kinerja yang nyata, atau kondisi no-start. Untuk memeriksa tekanan bahan bakar yang tepat, ante akan memerlukan alat pengukur tekanan bahan bakar yang cocok untuk jenis sistem. Sebuah bahan bakar menyuntikkan mesin (ditemukan pada hampir setiap kendaraan kurang dari 20 tahun yak.. seumuran sama mobil konco" FRGB pake heheheh) menghasilkan tekanan bahan bakar yang sangat tinggi dan membutuhkan alat pengukur tekanan bahan bakar yang membaca hingga 100 pon per inci persegi. Jenis alat ukur memiliki konektor berulir yang harus sesuai dengan pressure tap pada rel bahan bakar. Karena ente bekerja dengan fluid sangat mudah terbakar yang bisa sangat berbahaya jika tidak tahu apa yang ente lakukan, Anda harus meninggalkan langkah ini untuk menghindari kesalahan fatal dan biaya service mobil yang terlalu mahal.... intinya jangan sok tau daaah... hohohoh

padahal masih banyak lagii yang bisa dibahas...
karna cape ngetik dan ada kerjaaan sampai disini aja yah..
kalo mau tau lebih lanjut hayooo ningbar bersama keluarga besar FRGB
curhat masalah tunggangannya ... masa curhat tentang mantan... hadeeee 😓😓😓😓

oke deh..

SALAM FRGB


WE ARE THE BIG FAMILY


1 komentar: